Google Translate

Jam Operasional

Ayam Kapas

Ayam kapas, merupakan jenis ayam yang berasal dari China. Seringkali ayam kapas dijadikan sebagai ayam hias karena  memiliki bulu yang indah seperti kapas. Keunikan lainnya yaitu ayam kapas memiliki 5 jari sementara ayam lain hanya memiliki 4 jari. Ayam kapas memiliki jengger seperti bunga mawar, serta jambul yang bergerigi.

Semakin tua ayam kapas, warna jenggernya biasa semakin kehitaman. Kulit, daging, dan tulang dari ayam kapas berwarna hitam, sedang warna bulunya ada yang putih, hitam ataupun coklat. Bulunya cukup panjang dan bertekstur seperti kapas. Ayam kapas biasa memproduksi 200 butir telur setiap tahunnya.

Ayam kapas saat ini sedang banyak diminati, karena selain mudah beradaptasi, ayam kapas cukup mudah dipelihara. Baik jantan maupun betina memiliki jambul di kepalanya. Ayam kapas dapat dipelihara di kandang, kemudian makanannya adalah biji-bijian seperti beras, gabah, jagung, atau dedak. Ayam kapas dapat bertelur pertama kali pada usia kurang lebih 22 minggu. Keindahan ayam kapas terletak pada bulunya yang cukup panjang, sehingga kita harus memelihara kebersihan ayam kapas. Sesekali ayam kapas dapat dimandikan untuk menjaga kebersihannya.


Ayam kapas memiliki kandungan gizi yang tidak kalah dengan ayam jenis lain pada umumnya. Seringkali ayam kapas digunakan dagingnya untuk sup ayam ginseng, yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan protein pada ayam kapas cukup tinggi, daging ayam kapas dapat meningkatkan sel darah merah pada manusia, ayam kapas dapat meningkatkan nafsu makan, juga untuk kesehatan tulang dan saraf, ayam kapas pun dipercaya dapat meningkatkan kesuburan.

 

Bagi anda yang belum pernah melihat ayam kapas namun tertarik untuk membudidayakan, untuk memelihara, atau untuk mempelajari lebih lanjut, datang saja ke Jendela Alam. Di Jendela Alam anda bahkan dapat melihat proses ayam kapas dari sejak bertelur, sampai dewasa. Anak ayam kapas pun dapat anda cermati. Ajak anak anda untuk belajar lebih banyak tentang alam, hewan, dan tanaman. Mari berkunjung ke Jendela Alam.