Google Translate

Jam Operasional

Bawang Daun

Bawang daun, sering disebut juga daun bawang, yang dalam bahasa Inggris sering disebut Welsh onion atau Japanese bunching onion, memiliki nama dalam bahasa latin yaitu Allium fistulosum. Fistulosum sendiri artinya berongga.

Bawang daun ini memiliki rongga di tengahnya. Bawang daun sering sekali dipakai dalam bahan masakan. Bau dan rasa daun bawang mirip seperti bawang bombai namun lebih ringan. Merupakan penambah rasa yang sangat khas dan membuat selera makan bertambah. Aroma daripada bawang daun ini sangat sedap dan membuat rasa masakan menjadi lebih gurih. Permintaan bawang daun ini di pasaran sangat tinggi. Selain untuk konsumsi di dalam negri, bawang daun pun dapat diekspor ke negara-negara lain.

Siapa yang tertarik untuk membudidayakan bawang daun? Selain dapat dipergunakan sendiri, daun bawang dapat menjadi peluang yang cukup baik untuk petani. Waktu pemanenannya adalah 2,5 bulan setelah penanaman. Untuk menanam daun bawang, yang harus diperhatikan adalah pembibitan, media, pencahayaan, penyiraman, serta keseimbangan pH. Bila tidak memiliki lahan yang luas, penanaman juga dapat dilakukan di dalam pot.

Tahukah anda, bawang daun ini selain merupakan penambah rasa yang enak pada masakan, juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kita. Berikut ini adalah manfaat bawang daun.

Manfaat Bawang Daun:

1.    Meningkatkan sistem kekebalah tubuh manusia
Bawang daun mengandung flavonoid seperti antosianin dan quercetin yang membantu sistem imunitas manusia.

2.    Merupakan anti inflamasi
Kandungan aquercetin di dalam bawang daun membantu tubuh untuk melawan inflamasi.


3.    Melancarkan pencernaan
Bawang daun mengandung vitamin C yang tinggi, yang membantu penyerapan nutrisi dan pencernaan kita.


4.    Memelihara kesehatan kulit
Bawang daun mengandung senyawa allicin yang membuat kulit menjadi lebih cerah, serta mencegah terjadinya penuaan dan kerutan pada wajah.

5.    Sebagai anti oksidan
Bawang daun mengandung senyawa flavonoid yang menghambat enzim yang melepaskan radikal bebas dalam tubuh kita. Bawang daun mengandung senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan dan melawan radikal bebas tersebut.


6.    Aman dan bermanfaat untuk ibu hamil
Bawang daun mengandung asam folat yang tinggi. Selain aman dikonsumsi ibu hamil, wanita usia subur yang ingin hamil pun baik untuk mengonsumsi bawang daun sebagai persiapan untuk hamil.


7.    Sebagai antibakteri dan antivirus
Bawang daun berfungsi sebagai antibakteri dan antivirus, karena itu zaman dahulu sering bila anak sakit, diberi makan bawang untuk memerangi penyakitnya.

8.    Mencegah diabetes
Bawang daun mengandung sulfur yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah. 

9.    Memelihara kesehatan mata

Bawang daun mengandung vitamin A yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan mata.


10.    Memelihara kesehatan tulang

Bawang daun mengandung vitamin K dan vitamin C yang sangat penting untuk kesehatan tulang.


11.    Sebagai anti nyeri

Bawang daun bersifat menghangatkan tubuh dan mengandung anti radang, sehingga sangat membantu dalam menghilangkan rasa nyeri di tubuh kita.

Bawang daun bersifat menghangatkan tubuh dan mengandung anti radang, sehingga sangat membantu dalam menghilangkan rasa nyeri di tubuh kita.

 

Cukup menarik bukan? Selama ini kita makan bawang daun tanpa mengetahui manfaat dan khasiatnya. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk mengenal bawang daun lebih dalam? Mari ke Jendela Alam untuk mengetahui tentang bawang daun, sambil belajar cara membudidayakannya atau sekedar membeli bawang daun yang tersedia. Di Jendela Alam, anda juga bisa mengajak anak-anak bermain di sana sambil mengenal aneka hewan dan tanaman.  Sampai jumpa di Jendela Alam.