Google Translate

Jam Operasional

Beras Merah

Apakah teman-teman pernah mendengar mengenai beras merah? Ternyata selain nasi putih, kita juga bisa mencoba jenis nasi lain yaitu nasi merah. Nasi merah berasal dari beras merah. Beras merah memiliki nama latin Oryza longistaminata atau Oryza punctata.

Mengapa beras merah memiliki warna merah? Beras merah berwarna merah karena kandungan antosianin di dalamnya. Antosianin sendiri merupakan pigmen warna alamiah yang berasal dari senyawa flavonoid, dan merupakan antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Fungsi antosianin sendiri yaitu dapat mencegah aterosklerosis atau penyumbatan di pembuluh darah.

Nasi merah bila dimakan akan memberikan rasa kenyang yang lebih tahan lama dari nasi putih. Oleh sebab itu seringkali bagi yang ingin diet, mengganti nasi putih dengan nasi merah. Beras merah pun mengandung serat yang jauh lebih tinggi dari beras putih. Beras merah mengandung serat, protein, zat besi, selenium, magnesium, mangan, serta vitamin b yang cukup tinggi. Untuk penyimpanan, beras merah tidak dapat disimpan terlalu lama seperti kita menyimpan beras putih. Kita pun harus lebih hati-hati dalam penyimpannya karena suhu, ph, dan lingkungan dapat mempengaruhi kualitas beras merah.

Beras merah dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini sudah dibuktikan dengan penelitian oleh nutrisionis. Didapatkan hasil bahwa yang makan nasi merah akan mengalami penurunan berat badan signifikan daripada yang makan nasi putih. Jadi untuk yang sedang diet, nasi merah ini sangat baik. Kadar kalori lebih sedikit, namun nasi merah mengandung serat yang lebih tinggi. Kandungan gizi untuk tubuh pun tetap terpenuhi. Diet nasi merah termasuk diet rendah kalori karena berasal dari biji-bijian. Hal ini sudah dibuktikan dalam American Journal.

Untuk penderita diabetes, beras merah adalah pilihan terbaik. Beras merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dari beras putih. Apa yang disebut dengan indeks glikemik? Indeks glikemik adalah tingkat kemampuan makanan untuk meningkatkan kadar gula dalam darah. International Journal of Food Science and Nutrition mengeluarkan jurnal yang berisi penelitian pasti dari beras merah yang memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan beras putih.

Tunggu apalagi, sebaiknya kita mulai mengganti beras putih dengan beras merah. Bila tidak begitu suka dengan rasa beras merah, ibu cerdas dapat mengkombinasikan dan membuat variasi untuk memasak nasi merah tersebut. Penasaran? Bila penasaran dan ingin mencoba , datanglah ke Jendela Alam. Kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai beras merah. Di Kedai Alam pun kami menyediakan nasi merah beserta lauk pauknya.