Google Translate

Jam Operasional

Buah Pepino

Halo, Sahabat Jendela Alam ,

Apakah anda pernah mendengar mengenai buah pepino? Saat ini banyak sekali aneka jenis buah-buahan yang baru kita ketahui, namun tidak disangka ternyata memilik banyak khasiat. Saat ini buah pepino mulai banyak dikenal di Indonesia.

Perkiraan awal mulanya pepino dikenal adalah tahun 2000. Buah pepino, yang memiliki nama latin Solanum muricatum, merupakan jenis tanaman yang asli berasal dari Pulau Andes, di Kolombia, Peru, dan Chile.

Pepino memiliki taksonomi yang tidak jauh dari terong dan tomat. Sedangkan rasa dari pepino sendiri merupakan kombinasi dari timun dan melon. Pepino cukup banyak digemari karena memiliki rasa manis yang pas dan juga memiliki kesegaran tersendiri. Buah pepino dapat dimakan langsung, juga dapat dijus.  Ada beberapa jenis warna buah pepino seperti pepino ungu, pepino putih, dan pepino kuning. Bentuk dan ukuran buah pepino pun beraneka ragam. Pepino memiliki nama lain yaitu melumber, melon pear, tree melon, mellowfruit, dan masih banyak lagi.

Pepino dapat ditumbuhkan dari biji, namun biasa dikembangkan secara vegetatif dengan potongan atau stek batang. Hal ini karena kemampuan germinasi biji pepino sangat buruk, sehingga biji seringkali tidak dapat tumbuh dengan baik. Setelah disemai, tunas dari tanaman pepino ini akan tumbuh selama 2 sampai 3 minggu. Daerah paling cocok untuk menanam pepino adalah dataran tinggi seperti dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah.

Buah pepino memiliki berbagai macam kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Pepino memiliki khasiat fitokimia yaitu sebagai antikanker, antimikroba, antitrombotik, antioksidan, dan anti radang. Dengan mengonsumsi pepino juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Pepino juga berkhasiat sebagai anti aging untuk mencegah penuaan, juga dapat memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Pepino membantu menjaga kesehatan jantung. Pepino dapat mencegah penyakit diabetes, batu ginjal, dapat menurunkan kolesterol, serta membantu menurunkan obesitas. Dalam sebuah artikel di Amerika, pepino termasuk dalam 13 super fruit karena mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu menjaga kesehatan.

 

Bagaimana? Setelah mendengar buah unik yang memiliki banyak manfaat ini, apakah anda tertarik untuk mengonsumsi atau membudidayakannya? Bila ingin mengetahui lebih lanjut, bisa datang terlebih dahulu ke Jendela Alam untuk mengenal buah ini.