Google Translate

Jam Operasional


Cincau minuman tradisional yang penuh khasiat

Paling enak makan nasi timbel di Jendela Alam sambil minum es cincau. Minuman ini bukan hanya menyegarkan tapi juga berkhasiat bagi kesehatan.

Daun cincau telah diteliti mengandung kabohidrat, polivenol, saponin, flavoinaida dan dan lemak. Kalsium fosfo, vitamin A dan Vitamin B juga ditemukan dalam cincau hijau. Kandungan-kandungan ini memungkinkan cincau hijau dimanfaatkan sebagai ramuan obat-obatan, disamping sebagai minuman penyegar.

Apa saja khasiat dari cincau? Khasiat dari cincau di antaranya adalah menyejukkan perut, menurunkan panas, menanggulangi gangguan pencernaan, dan menekan kadar kolesterol.

 

Tumbuhan penghasil cincau bermacam-macam, di antaranya adalah

 

  • Tumbuhan dari genus Mesona, terutama M. procumbens, M. chinensis yang banyak diproduksi di Tiongkok bagian selatan serta Indocina, atau M. palustris yang banyak digunakan di Indonesia, menghasilkan cincau hitam.
  • Cylea barbata Myers atau cincau hijau, menghasilkan cincau berwarna hijau dan agak lebih padat konsistensinya.
  • Melasthoma polyanthum atau cincau perdu.

Cylea barbata Myers atau cincau hijau lebih dikenal dan disukai di Indonesia karena memiliki struktur yang lebih kenyal dan lebih banyak manfaatnya.

Pembuatan cincau hijau sangat mudah dan dapat dilakukan di rumah Anda. Pilih daun cincau yang berkualitas bagus, gunakan daun yang masih segar.

 

Bersihkan daun cincau agar terbebas dari debu dan kotoran. Siram daun cincau perdu dengan air bersih, rendam selama beberapa waktu, kemudian bilas dengan air dingin yang bersih. Tampung daun dalam wadah, tambahkan air secukupnya, kemudian remas-remas sebentar . Klorofil terbawa dalam air dan menimbulkan warna hijau pada gelatin cincau. Segera saring larutan yang masih agak encer dengan saringan. Biarkan larutan cincau encer ini hingga mengental dengan sendirinya.

Cincau ini bisa langsung dikonsumsi atau ditambahkan dalam minuman.

Ayo minum cincau ..........karena sudah terbukti khasiatnya.

 

Sumber: dari Trubus dan artikel lainnya.