Google Translate

Jam Operasional

Daun Sirih Hijau

Hallo Sahabat Alam ada yang sudah kenal dengan daun sirih hijau? Tanaman yang satu ini mungkin sudah familier ya untuk kita semua, karena tanaman ini sering tumbuh di pekarangan rumah. Daun sirih memiliki nama latin Piper betle ini merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat pada batang pohon tanaman lainnya.

Pada umumnya bagian dari tanaman ini yang dapat dimanfaatkan adalah bagian daunnya.

Daun sirih sering digunakan oleh masyarakat riau untuk melaksanakan upacara adat penyambutan tamu. Selain digunakan untuk melaksanakan upacara penyambutan tamu. daun sirih sering digunakan sebagai obat tradisopnal loh sahabat alam. Karena sebenarnya daun sirih ini memiliki banyak khasiat bagi tubuh kita dan dapat dijadikan sebagai obat berbagai macam penyakit.

Tanaman daun sirih ini dapat tumbuh hingga mencapai 15 meter. Batangnya memiliki warna coklatkehijauan, bentuknya bulat, beruas dan sebagai tempat tumbuhnya akar. Daunnya merupakan daun tunggal yang berbentuk jantung dan memiliki ujung yang lancip pada ujung permukaannya. Panjang daun kira-kira 5 sampai 8 cm dan lebar 2 hingga 5 cm. Bunganya seperti bulir, majemuk sertai ada daun pelindung kurang lebih 1 mm yang bentuknya panjang dan bulat. panjang pada bulir betina kira-kira mencapai 1,5 sampai 6 cm yang mana dijumpai kepala putik 3 -4 buah yang warnanya putih dan hijau kekuningan. Sedangkan Pada bulir jantan panjangnya kira-kira mencapai 1,5 – 3 cm dan dijumpai 2 benang sari yang agak pendek atau sedang . Buahnya dinamakan buah buni dengan warna hijau keabu-abuan serta bentuknya bulat. Memiliki akar tunggang, warna coklat kekuningan serta berbentuk bulat.

Daun sirih juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan maupun mengobati penyakit loh sahabat alam. Manfaat daun sirih itu seniri diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Daun sirih dapat digunakan untuk meringankan rasa sakit yang disebabkan karena luka, memar, ruam kulit, inflamasi ( internal maupun eksternal ), gangguan pencernaan, sembelit, dll.
  2. Antioksidan yang terkandung dalam daun sirih dapat mengembalikan tingkat PH yang disebabkan karena sakit perut, sehingga dapat meredakan sembelit.
  3. Daun sirih dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini memicu sirkulasi dan merangsang usus untuk menyerap mineral penting dan juga nutrisi. Kotoran dalam usus akan dibuang dengan mudah melalui kinerja sfingter yang lebih baik . Kinerja sfingter yang lebih baik juga merupakan hasil dari stimulasi yang disebabkan oleh daun sirih.
  4. Daun sirih dapat membantu menyegarkan nafas, melindungi dari kuman, bakteri, dan gangguan mulut lainnya. Dengan mengunyah daun sirih, maka dapat membersihkan mulut. Hal ini dapat mencegah kerusakan gigi, memperkuat gusi dan gigi, serta mencegah pendarahan mulut.
  5. Daun sirih sangat baik dalam mengobati masalah pernafasan. Seperti mengobati batuk dan deman, memberikan manfaat bagi yang menderita sakit dada, kongesti paru-paru dan asma.
  6. Daun sirih dapat mengatasi batuk yang terjadi terus-menerus. Dimana daun sirih sarat dengan kebaikan antibiotik. Antibiotik ini memudahkan dahak keluar dan juga mengurangi peradangan yang disebabkan karena batuk terus menerus.
  7. Daun sirih kaya akan polifenol. Jadi daun sirih memberikan perlindungan ganda terhadap kuman. Daun sirih dapat digunakan untuk mengobati peradangan seperti arthritis dan orchitis. Daun sirih dapat bertindak sebagai pereda rasa nyeri dan anti inflamasi.
  8. Daun sirih juga merupakan obat antijamur yang baik. Infeksi jamur umumnya terjadi pada bagian tubuh yang lembab. Dengan demikian, daun sirih berperan sebagai obat alami yang menakjubkan yang dapat mencegah infeksi jamur secara alami.
  9. Daun sirih merupakan obat alami yang baik untuk meredakan sakit punggung atau pinggang. Memijat punggung bagian bawah dengan minyak daun sirih dikombinasikan dengan minyak dapat membantu untuk meringankan rasa sakit. Begitu juga dengan nyeri otot tegang, kemerahan, dan bengkak .
  10. Daun sirih dapat melakukan penyembuhan pada luka dan infeksi. Dengan menghaluskan beberapa daun sirsak lalu terapkan pada luka atau infeksi. Kemudian letakkan daun sirih diatasnya dan bungkus dengan perban. luka akan sembuh dalam dua hari karena mencegah pertumbuhan mikroba yang merusak.

Nah itu tadi adalah beberapa gambaran tentang daun sirih beserta dengan manfaatnya. Walaupun  masih banyak lagi manfaat dari daun sirih ini, tetapi semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk sahabat alam dan keluarga.