Google Translate

Jam Operasional


Infused Water

Pernah mendengar istilah infused water?  Infused water adalah air putih yang diberi tambahan berupa potongan buah-buahan dan rempah  lainnya lalu didiamkan beberapa saat  sampai sari-sari buahnya keluar ,  sebelum  diminum.  Sebagian orang ada yang  menyebutnya dengan  istilah spa water .

alt

Tren mengkonsumsi  air dengan potongan buah, menurut Firlia Ayu Arini, ahli gizi dari Universitas Pembangunan Veteran, sebenarnya baik untuk mereka yang  kurang suka minum air putih, karena air putih menjadi lebih beraroma dan memiliki rasa. Dari sisi kandungan gizi, juga tetap dapat memberi manfaat, asalkan tidak diberi campuran pemanis lain seperti gula atau sirop.

Buah-buahan yang sering digunakan dalam infused water adalah buah kategori acid / asam, dan bukan buah yang manis,  seperti : buah kiwi, lemon, strawberry, jeruk nipis, anggur, apel, blueberry, dan sebagainya.
Berikut adalah beberapa manfaat infused water berdasarkan kombinasi aneka buah yang digunakan:

1. Stroberi dan kiwi
Bermanfaat untuk kesehatan kardiovaskular, menguatkan sistem kekebalan, menurunkan gula darah, dan memperlancar pencernaan.

2. Teh hijau + daun mint + jeruk nipis
Bermanfaat untuk pembakaran lemak, pencernaan, meredakan sakit kepala, mengatasi susah buang air besar, dan menjaga kesehatan pernapasan.

3. Timun + jeruk nipis + lemon
Bermanfaat untuk mengatasi kembung, mengontrol nafsu makan, mengatasi dehidrasi, dan menjaga kesehatan pencernaan.

4. Lemon dan  jeruk nipis
Manfaatnya sebagai sumber vitamin C dan meningkatkan sistem pertahanan tubuh.

Sebelum membuat infused water ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain kebersihan botol dan buah-buahan yang akan digunakan. Pastikan botol yang digunakan benar-benar bersih, demikian pula dengan buah-buahannya.  Buah-buahan harus dicuci bersih terlebih  dan  pastikan tidak mengandung pestisida dan zat kimia lainnya yang dapat membahayakan tubuh.

alt

Cara Membuat Infused Water :

  1. Pilih buah/herb/rempah apa yg akan dimasukkan dalam air.
  2. Cuci bersih buah-buahan dengan air mengalir. Potong menjadi dua untuk buah-buah kecil seperti anggur, strawberry, dan sesuaikan untuk buah yang lebih besar .
  3. Tambahkan air masak kurang lebih 500 ml. Masukkan buah ke dalam wadah yang steril, lalu tutup rapat, ingat jangan ditambah gula atau sirup.
  4. Simpan di lemari es kurang lebih 2 jam agar sari-sari buahnya melarut.
  5. Infused water siap untuk diminum.
  6. Jika airnya telah habis dapat diisi ulang dengan buah yang sama, atau lebih baik lagi jika buahnya diganti dengan potongan buah yang baru, sebab buah mudah teroksidasi dan mengalami pembusukan kalau disimpan terlalu lama ( diatas 8 jam )

Meski infused water ini sedang digandrungi, tetap lebih baik mengkonsumsi buah-buahan segar untuk mencukupi kebutuhan serat dan vitamin yang terkandung di dalam buah dan kulitnya. Air infus bisa menjadi solusi untuk mencegah dehidrasi yang sering dialami oleh mereka yang tidak suka minum air putih, dan menjadi variasi dalam meminum air putih bagi sebagian orang. Jadi, tetap lebih baik mengkonsumsi buah secara langsung karena vitamin dan manfaatnya  yang masih utuh.

alt

Dikutip dari berbagai sumber.