Google Translate

Jam Operasional

Jendela Edukasi

Tour Sahabat Alam

Kegiatan berkeliling Jendela Alam yang dipandu oleh Fasilitator yang bereran sebagai tour guide, untuk melihat Jendela Hewan dan Jendela Tumbuhan yang ada di Jendela Alam.

Jendela Tumbuhan yang ada di Jendela Alam terbagi ke dalam beberapa pos yaitu, tanaman obat, greenhouse hidroponik, rumah jamur tiram, greenhouse tomat cherry, dan kebun konvensional. Jendela Hewan yang ada di Jendela Alam terbagi pula ke dalam beberapa pos yaitu, rumah kuda poni, rumah kambing etawa, peternakan ayam kampung arab, rumah kelinci, rumah reptil, dan rumah rusa totol.

Disetiap pos yang nanti dilalui para peserta akan dijelaskan oleh fasilitator mengenai hewan dan tumbuhan yang ada di Jendela Alam. Pada kegiatan ini juga, peserta diperbolehkan untuk berinteraksi langsung dengan hewan dan tumbuhan yang ada di Jendela Alam, seperti memegang jamur atau tomat cherry, menggendong kelinci, dan mengelus-elus kambing.

  • Berkebun Konvensional

Kegiatan belajar becocok tanam yang dilakukan secara konvensional, atau menanam seperti yang dilakukan oleh para petani. Sebelum memulai peserta juga akan diberikan alat-alat bercocok tanam seperti sekop, alat siram, benih sayuran, dan pupuk. Dalam kegiatan ini juga peserta akan dibimbing oleh fasilitator mulai dari langkah awal menanam seperti bagaimana caranya menyemai benih, merawat bibit, dan menyiram yang baik.

  • Berburu Harta Karun

Peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok dibekali peta dan petunjuk awal yang akan menuntun kelompoknya menuju petunjuk selanjutnya.

Peserta diharuskan membuat kompas terlebih dahulu, dan memulai permainan bersama-sama. Memasuki pos, peserta akan mengambil bendera berdasarkan warna kelompok masing-masing, dan memecahkan petunjuk untuk menuju ke petunjuk selanjutnya dengan dibimbing oleh fasilitator. Hingga pos terakhir, peserta akan diminta untuk melakukan permainan dan menggali peti berisi harta karun. Peserta lainnya akan memperoleh hadiah hiburan karena telah berpartisipasi.

 

Kegiatan ini sangat berguna untuk, mengasah kemampuan maping anak, memecahkan persoalan, melatih kerjasama dalam kelompok, belajar membuat dan membaca kompas, dan memperoleh pengetahuan tentang materi-materi yang ada pada petunjuk arah di masing-masing pos jendela hewan dan tumbuhan yang ada di Jendela Alam.

  • Panen Telur

Peserta dibimbing oleh fasilitator memasuki pos peternakan ayam kampung arab. Di sana peserta diberi 1 buah egg tray dan melakukan kegiatan panen telur langsung dari ayam – ayam yang ada di sana. Kegiatan ini mengajarkan anak – anak dari mana telur dan ayam itu sendiri dan serunya memanen telur langsung di peternakan ayam kampung arab Jendela Alam. Telur yang telah peserta panen akan dibawa pulang, satu anak akan mendapatkan satu butir telur ayam kampung arab yang sudah direbus.

  • Panen Tomat Cherry

Peserta dibimbing oleh fasilitator memasuki greenhouse tomat cherry. Peserta diperbolehkan untuk memetik tomat cherry yang berwarna merah atau kuning. Setelah peserta selesai memanen tomat cherry tersebut, hasil panen akan di pack rapi oleh petugas tanaman yang ada di dalam greenhouse tomat cherry untuk kemudian dibawa pulang oleh masing-masing peserta. Kegiatan memanen tomat cherry ini dapat mengedukasi peserta, karena sambil panen akan dijelaskan oleh fasilitator bagaimana metode tanam tomat cherry yang ada di Jendela Alam, serta dijelaskan juga nutrisi yang terkandung pada tomat cherry tersebut.

  • Bercocok Tanam Terarium

Kegiatan bercocok tanam yang menggunakan media tanam aram sekam. Peserta akan praktek bercocok tanam terarium dengan dibimbing oleh fasilitator, peserta akan diberikan satu buah pot, satu buah tanaman haurtia, dan aram sekam.

Peserta dijelaskan mulai dari langkah awal menanam hingga bagaimana cara merawat tanaman terarium tersebut, dan juga dijelaskan bagaimana keunggunggulan dari media tanam aam sekam tersebut. Peserta nantinya akan membawa pulang masing-masing satu buah tanaman terrarium yang mereka sudah tanam tersebut.

  • Membuat Yoghurt

                Peserta dibimbing oleh fasilitator diajarkan proses – proses pembuatan yogurt dimulai dari cara pembibitan, pasteurisasi susu, memasukkan bakteri ke dalam yoghurt dan memberi rasa buah pada yoghurt. Selain dibimbing bagaimana cara membuat yoghurt, peserta juga diberitahu nutrisi apa saja yang terdapat pada yoghurt dan manfaat-manfaat yoghurt. Pada akhir kegiatan membuat yoghurt, masing-masing peserta akan diberikan satu cup yoghurt yang telah dicampur potongan buah asli. Selain untuk anak – anak, kegiatan ini juga cocok untuk orang dewasa yang ingin belajar membuka bisnis yoghurt.

  • Memberi Makan Hewan

                Peserta dibimbing oleh fasilitator dengan menggunakan keranjang yang telah disiapkan memanen sayuran wortel dan kangkung dari kebun keonvensional, dibersihkan, lalu diberikan kepada hewan Hewanyang diberi makan pada kegiatan ini ada 5 hewan yaitu, kuda poni, kambing etawa, sapi, kelinci, dan rusa.

Kegiatan memberi makan hewan ini bertujuan untuk berinteraksi dan mengenal hewan secara dekat. Pada kegiatan ini fasilitator juga akan memberi informasi tentang hewan-hewan tersebut.

  • Membuat Telur Asin

                Peserta dibimbing oleh fasilitator memasuki area saung Jendela Alam. Peserta akan diberikan penjelasan dan juga pengetahuan beserta praktek langsung bagaimana membuat telur asin yang benar dari proses awal hingga akhir. Pada kegiatan ini telur yang sudah dibalut oleh adonan telur asin akan dibawa pulang oleh peserta. Selain untuk anak – anak, kegiatan ini juga cocok untuk orang dewasa yang ingin belajar membuka bisnis telur asin.

  • Membuat Cincau

                Peserta dibimbing oleh fasilitator memasuki salah satu area saung Jendela Alam. Di sana peserta dibimbing untuk mengolah daun cincau menjadi minuman cincau yang segar. Pada kegiatan ini, fasilitator juga akan menginformasikan kepada peserta mengenai manfaat dan nutrisi yang terdapat pada cincau, kegiatan ini juga dapat melatih syaraf motorik halus peserta.