Google Translate

Jam Operasional

Kunyit

Kunyit atau yang biasa orang Jawa sebut kunir merupakan salah satu tanaman obat herbal yang sangat populer di Asia Tenggara, tidak terkecuali negara kita Indonesia. Kunyit memiliki nama latin  Curcuma longa Linn. Curcuma longa digunakan untuk menggambarkan rimpang kunyit yang berbentuk jari. Kunyit termasuk kedalam kingdom Plantae (tumbuh-tumbuhan), divisi Spermatophyta (tumbuhan berbiji), subdivisi Angiospermae (berbiji tertutup), kelas Monocotyledonae (biji berkeping satu), ordo Zingiberales,famili Zingiberceae, genus Curcuma, spesies Curcuma domestica Val.

Kunyit dapat tumbuh hingga mencapai  tinggi 100 cm. Batang kunyit semu, tegak, bulat, membentuk rimpang dan berwarna hijau kekuningan.



Daunnya tunggal, berbentuk lanset memanjang, helai daun berjumlah 3-8, ujung dan pangkal daun runcing, tepi daun rata, tulang daun menyirip dan berwarna hijau. Bunga kunyit berwarna kuning atau kuning pucat dan mekar secara bersamaan. Rimpang induk menjorong, sedangkan rimpang cabang lurus atau sedikit melengkung. Keseluruhan rimpang membentuk rumpun yang rapat, berwarna oranye dan tunas mudanya berwarna putih. Akar serabut kunyit berwarna cokelat muda. Bagian tanaman yang digunakan adalah rimpang atau akarnya.

Kunyit mengandung minyak asiri dengan senyawa antara lain fellandrene, sabinene, sineol, borneol, zingiberene, kurkumin, turmeron, kamfene, kamfor, sesquiterpene, asam kafrilat, asam metoksisinamat dan tolilmetil karbinol. Selain itu, rimpang kunyit juga mengandung tepung dan zat warna yang mengandung alkaloid kurkumin. Rimpang kunyit memiliki efek farmakologi seperti melancarkan peredaran darah, anti-imflamasi, antibakteri, melancarkan pengeluaran empedu, antipiretik dan icteric hepatitis.

Nah setelah tadi ada sedikit pembahasan tentang tumbuhan obat yang satu ini, sekarang Jendela Alam akan mencoba mengulas manfaat yang bisa anda dapatkan jika mengkonsumsi kunyit. Adapun manfaat lengkap dari kunyit adalah sebagai berikut:

  • Dengan mengkonsumsi kunyit secara teratur, Sahabat Alam akan mendapatkan manfaat untuk menghindarkan diri dari adanya resiko penyakit tumor dan kanker.
  • Kunyit baik untuk meremajakan sel-sel yang ada dalam tubuh sehingga tubuh akan lebih sehat dan bugar.
  • Kunyit bermanfaat sebagai antioksidan alami tubuh.
  • Kandungan antioksidan yang terdapat pada  kunyit membuat tumbuhan ini bermanfaat untuk menetralisir atau menghilangkan racun dan menetralisir zat-zat kimia berbahaya lainya yang sudah masuk ditubuh manusia.
  • Mengkonsumsi jamu yang terbuat dari kunyit dapat memperkecil terjadinya resiko atau serangan leukemia.
  • Dengan mengkonsumsi kunyit maka Sahabat Alam juga bisa menurunkan berat badan sehingga membuat kunyit cocok untuk digunakan untuk diet sehat.
  • Kunyit dapat melancarkan atau memperbanyak asi bagi ibu yang sedang menyusui.
  • Kunyit merupakan tumbuhan yang baik untuk kulit / kecantikan tubuh, dapat digunakan sebagai obat jerawat dan masker wajah.
  • Dapat mengobati penyakit diabetes, maag, tifus, sakit cangkang, batuk berlendir, diare dll.

Nah itulah sedikit pembahasan mengenai manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh, semoga bisa membantu Sahabat Alam yang sedang mencari refrensi tentang kunyit dan semoga bisa bermanfaat untuk Sahabat Alam semua ya.