Google Translate

Jam Operasional


Informasi

Untuk Lebaran ke 1 tgl  25 Juni 2107 Jendela Alam buka jam 10.00-17.00 WIB

Untuk Lebaran ke 2 tgl  26 Juni 2107 Jendela Alam buka jam 09.00-16.00 WIB

Untuk harga tiket masuk Jendela Alam pada tanggal 24 Juni - 9 Juli 2017 Rp 20.000

Terimakasih

Labu-Labu Ornamen Jendela Alam

Labu merupakan salah satu sayuran yang banyak ditanam dan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan vitamin untuk kesehatan. Labu juga merupakan tumbuhan yang cepat tumbuh dan termasuk dalam jenis keluarga Cucurbitacae.

Labu sangat bervariasi dalam bentuk, ukuran, dan warna. Namun ada beberapa jenis labu yang tidak dapat dikonsumsi, dan biasanya dimanfaatkan untuk dijadikan ornamen atau hiasan.

Di Jendela Alam sendiri, ada beberapa jenis labu unik yang dijadikan hiasan. Labu- labu tersebut diantaranya adalah :

Labu Cinderella


Buah labu cinderella terkenal karena kalorinya yang rendah. Dalam 100 gr labu cinderella hanya 26 kalori dan tidak mengandung lemak jenuh dan kolestrol, namun kaya akan serat, anti oksidan, mineral, dan vitamin. Selain itu juga labu cinderella ini dapat mengurangi risiko penyakit kanker dan hati, menyehatkan mata, membantu penyerapan kalsium, mengembalikan energi, dan masih banyak lagi manfaatnya.


 Labu Cucurbita

Merupakan tipe labu hias yang banyak dijual di toko atau pinggir jalan selama musim halloween dan thanksgiving di manca negara. Cucurbita mempunyai bermacam-maca warna indah yang digunakan sebagai labu dekorasi.

Labu Botol

Merupakan labu dengan cangkang tebal. Lebih sering mempunyai warna yang seragam yaitu warna cokelat pada saat kering. Sebagian oang menyebutkan labu ini adalah labu air. Labu jenis ini sering kali dikeringkan dengan cara mengeluarkan bijinya kemudian dikeringkan.

Labu Air

Labu air merupakan salah satu tanaman herbal yang telah lama dikenal, sehingga dapat dikatakan bahwa labu air ini merupakan salah satu tanaman tertua yang cukup dikenal di Indonesia. Labu air sering digunakan sebagai tambahan pada pembuatan saus tomat, dibuat sayur, dan dapat juga dibuat dibuat manisan kering.

Pada labu air ini dalam 100gr mengandung 3 kal, 1.1 protein, 0.2 lemak, 0.8 mineral, dan 45 mg kalsium. Tidak hanya buahnya saja yang mengandung nutrisi, daunnya pun mengandung sapoin dan polifenol.


Labu Crookneck Kuning

Labu ini merupakan labu musim panas yang memiliki kulit kuning dan bergelombang. labu ini juga merupakan jenis labu yang sangat mudah tumbuh. Di luar negeri sana, untuk menanam jenis labu ini penanaman dilakukan diawal musim semi, dan pada saat bunga mulai keluar dan mekar penyerbukan harus dibantu jika daerah tempat penanaman kurang dikunjungi oleh lebah dan kupu-kupu. Dagingnya rasanya manis, dan mencapai rasa terbaik saat dipanen pada panjang 6 inci.

Labu Acorn

Buah labu acorn berwarna hijau dengan memanjang membentuk kuncup gunung. Varietas baru dari labu jenis ini adalah acorn emas dengan memiliki warna kuning pada buahnya.

Labu Turban

Labu turban merupakan labu yang menjadi varietas yang paling umum dibudidayakan dari buah labu musim dingin, labu ini berasal dari Amerika Selatan, dan diperkenalkan di Amerika Utara pada abad ke 16.

Labu Kabocha

Jenis labu ini merupakan varian labu yang berasal dari Jepang, dan tumbuh pada saat musim dingin dengan kulit bertonjol dan tampak keras. Warna kulit hijau.


Labu Spaghetti

Buah labu spaghetti dikenal dengan nama yang berbeda seperti labu mie, sayuran spaghetti, squaghetti dan sumsum spaghetti. Varietas ini ditemukan dalam berbagai warna seperti kuning, gading oranye, dll. Daging dari jenis labu ini berwarna kuning, putih, dan oranye.

Labu labu diatas sebagian ada di Jendela Alam lho ......Ayo ke Jendela Alam .


*Dikutip dari berbagai sumber