Google Translate

Jam Operasional

Lebih dekat dengan Lidah Mertua

Lidah Mertua....??

Sebagian orang mungkin sudah mengenal Lidah Mertua. Yang dimaksud Lidah Mertua disini adalah Sansevieria. Ya, Sansevieria adalah nama Latin dari Lidah Mertua. Sansevieria diambil dari nama seorang bangsawan Italia, yaitu Prince of Raimond de Sansgnio de Sanseviero. Kemudian nama Sanseverinia ini disempurnakan oleh Carl Peter Thunberg menjadi Sansevieria pada tahun 1794. Tanaman jenis Sansevieria ini dimanfaatkan sebagai tanaman hias baik indoor ,maupun outdoor. Dapat dijadikan tanaman hias karena Sansevieria ini mempunyai bentuk beragam, tampilan yang cantik, variasi warna dan corak daun yang tinggi. Disamping perawatannya yang sangat mudah, Sansevieria juga mempunyai nilai kegunaan yang sangat multiguna, yaitu dapat menjadi tanaman hias sekaligus sebagai tanaman kesehatan. 

 Sebagai contoh sebagai tanaman hias : Dapat dijadikan pajangan dimeja maupun dalam ruang- ruang tertentu. Satu pot untuk ruang 75 m², letakkan 4 daun Sansevieria dewasa agar dapat terbebas dari polutan.

 

Sebagai tanaman kesehatan : Sansevieria mampu menyerap 107 polutan diudara. Ini berkat kandungan bahan aktif Pregnan Glikosida yang disinyalir dapat menyerap dan menguraikan polutan menjadi asam organik, gula, dan beberapa senyawa asam amino. Cara kerjanya, polutan diserap dan dihancurkan melalui proses yang disebut dengan Metabolik Breakdown

Jika ditelusuri berdasarkan jenisnya, Sansevieria ini terdapat lebih dari 200 jenis dan bentuk. Untuk perawatannya setiap 3 – 4 hari sekali semprot dengan menggunakan spray pada bagian daun. Sebagian besar Sansevieria berkembang biak dengan cara rimpang. Sansevieria Cylindrica Sky Line ini tidak berbunga, namun ada juga yang Cylindrica jenis lain yang dapat berbunga. Usia masa tanam Sansevieria adalah 1 tahun, kemudian baru muncul anakan yang siap dipisah jika sudah berumur 2 s/d 4 bulan. Media yang digunakan adalah media campuran, yaitu : Pasir : sekam bakar : pakis : sekam mentah, dengan perbandingan 1 : 1 : 1 : 1

Dalam ulasan berikut, kita akan mengenal Sansevieria atau Lidah Mertua dalam jenis Sansevieria Cylindrica ‘ Sky Line ‘

Sansevieria Cylindrica ‘ Sky Line ‘                                                                                     

Definisi :

Daun :    Bulat panjang

                Tumbuh berpasang-pasangan                                                         

Ukuran Daun :      Panjang 150cm

                                Ketebalan 3cm

                                Daun bagian luar 12cm

Warna : Hijau

Tangkai Bunga : 90 s/d 100cm      

Habitat :                Angola  

Ciri Khas :              Daun Bulat dan ada garis memanjang.                                                                    

Di Afrika daun Sansevieria diolah menjadi serat. Sansevieria jenis Cylindrica ‘ skyline ‘ ini, seratnya dapat dimanfaatkan membuat benang, jala, tali, tempat tidur gantung, topi, keranjang, dll. Berbagai pameran, asosiasi, dan kontes mampu mengangkat tanaman ini menjadi trend dan daya tarik bagi pecinta Sansevieria.

SEBAGAI PEMBAWA KEBERUNTUNGAN

Di China, tanaman ini dipercaya masyarakat sebagai tanaman pembawa keberuntungan. Mereka menganggap 8 dewa akan melimpahkan 8 kebaikan bagi yang memelihara Sansevieria. Terkait dengan Fengshui, biasanya Sansevieria diletakkan dalam rumah dekat pintu masuk.  Peminat Sansevieria ini meliputi kalangan manapun, baik pekebun maupun kolektor.

So…….. Apakah anda salah satu dari peminat Sansevieria ??????

 

Refererensi : TRUBUS ‘ SANSEVIERIA dan sumber lainnya