Google Translate

Jam Operasional

Lidah Mertua

Siapa yang pernah mendengar mengenai lidah mertua? Tenang, yang dimaksud bukan lidah milik mertua, namun tanaman lidah mertua. Tanaman lidah mertua (Sansevieria) terdiri dari 70 jenis spesies. Lidah mertua ini memiliki daya adaptasi yang tinggi di lingkungan. Dia dapat tinggal di daerah yang kering karena dapat menyimpan banyak air.

Karena itu lidah mertua dapat ditemukan baik di negara 4 musim maupun negara tropis. Tanaman ini mudah untuk ditanam dan dirawat. Ciri khasnya adalah ujung daunnya runcing atau berduri. Lidah mertua ini cukup banyak dibudidayakan di Indonesia. Cara membudidayakan lidah mertua adalah dapat dengan stek ataupun pemisahan tunas.

Manfaat Lidah mertua

  1. Sebagai penetralisir polusi

Lidah mertua terkenal dengan tanaman penyerap polusi udara. Terdapat beberapa penelitian mengenai lidah mertua. NASA, menemukan bahwa lidah mertua dapat menyerap 107 jenis racun dan polutan. Universitas Brawijaya, dan beberapa universitas di China juga meneliti mengenai lidah mertua yang dapat menyerap polusi. Hasil studi tersebut mengatakan bahwa lidah mertua memiliki zat aktif pregnane glikosid. Polutan yang diserap, dibawa ke akar, kemudian akan dilakukan detoksifikasi, lalu akan didapatkan udara bersih. Beberapa jenis polutan yang dapat diserap oleh lidah mertua adalah nikotin, benzene, dioksin, karbonmonoksida, formaldehida, serta masih banyak lagi.

Karena fungsinya sebagai penyerap racun, lidah mertua seringkali disimpan di dalam ruangan sehingga dapat menetralisir udara di dalam ruangan. Tanaman ini dapat mengatasi sick building syndrome, yaitu keadaan ruangan yang tidak sehat dikarenakan AC, asap rokok, serta gas beracun di udara. Di pabrik industri berkala besar pun lidah mertua dapat digunakan agar mengurangi senyawa beracun. Selain itu, lidah mertua pun dapat menyerap bau tak sedap.

  1. Menyerap radiasi elektronik

Banyak sumber mengatakan bahwa lidah mertua dapat menyerap radiasi elektronik dari televisi, computer, hp. Walaupun masih dalam penelitian, tidak ada salahnya menyimpan tanaman lidah mertua ini di dekat barang-barang elektronik.

  1. Aromaterapi

Lidah mertua pun dapat digunakan sebagai aromaterapi.

  1. Obat herbal

Lidah mertua dapat digunakan sebagai obat herbal untuk obat wasir, bahan minuman untuk menyegarkan tubuh, antikanker, antikolesterol, antiseptik, obat eksim, obat diabetes, obat batu ginjal, sebagai penurun tekanan darah, anti flu, dan masih banyak lagi.


Bagaimana, setelah membaca tanaman lidah mertua, apakah tertarik untuk membudidayakannya? Kamu bisa ke Jendela Alam untuk membeli tanaman ini, dan belajar banyak mengenai cara menanam serta membudidayakan lidah mertua. Selamat mencoba.