Google Translate

Jam Operasional

Tahun ini Indonesia memeringati Hari Kemerdekaan yang ke 72. Yuk rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia di Pesta Merah Putih Jendela Alam pada tanggal 17 dan 19 Agustus 2017.  Akan ada Parade Hewan ala Jendela Alam dan Aneka Lomba khas Jendela Alam. Spesial tanggal 19 Agustus 2017 Parade Hewan ala Jendela Alam, #SahabatAlam dapat berinteraksi langsung dengan hewan-hewan yang ada di Jendela Alam loh!  Seru bukan? Yuk meriahkan akhir pekan Hari Kemerdekaan kalian di @jendelaalambandung.

Manfaat Daun Mint

Daun Mint (Mentha) merupakan jenis tanaman yang memiliki 25 spesies. Daun mint banyak dibudidayakan di berbagai benua di dunia. Daun mint memiliki aroma yang unik, rasa yang khas, serta memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan karena itu sering dipergunakan di dalam penambah rasa makanan, minuman, ataupun berbagai produk.

Penasaran, apa saja manfaat dari daun mint tersebut? Mari kita lihat sejenak apa saja manfaat daun mint

1.    Penambah aroma makanan, minuman, dan berbagai produk
Daun mint sering digunakan pada berbagai makanan, minuman, dan berbagai produk. Tujuannya yaitu untuk memberi aroma dan rasa yang lebih segar. Sering juga daun mint diaplikasikan pada coklat, shampoo, sabun, lotion, dan berbagai produk lainnya.

2.    Sebagai aromaterapi
Daun mint sebagai aromaterapi juga membantu memberikan rasa nyaman serta perasaan tenang dan rileks.

3.    Mengurangi mual dan mengurangi sakit kepala
Aroma yang kuat dan menyegarkan dari daun mint sangat membantu untuk menekan rasa mual dan sakit kepala pada seseorang. Biasa untuk mengurangi mual dan sakit kepala, kita dapat menggunakan minyak yang dibuat dari daun mint ataupun minum dan makan makanan yang mengandung daun mint.

4.    Mengatasi rasa nyeri
Daun mint berperan sebagai antispasmodik, yaitu membantu dalam merelaksasi otot, sehingga rasa tegang dan nyeri akan berkurang.

5.    Antikanker
Daun mint diteliti mengandung peryllyl alcohol, yaitu suatu zat yang dapat mencegah pertumbuhan kanker prostat. Daun mint juga dapat berfungsi sebagai antiradical bebas dan antikanker.

6.    Antialergi
Daun mint mengandung suatu zat yang disebut asam rosmarinik, yaitu suatu antioksidan yang menghambat COX1 dan COX2 serta mengurangi gejala alergi. Dapat digunakan juga secara topical.

7.    Membuka saluran pernafasan serta mengurangi keluhan pada asthma
Daun mint dapat membantu melegakan pernafasan dengan membuka saluran pernafasan dan membantu mengurangi gejala-gejala pada penyakit asthma. Walaupun tidak boleh digunakan secara berlebihan.

8.    Meningkatkan memori
Studi terbaru meneliti bahwa daun mint dapat meningkatkan fungsi kognitif, kesadaran, dan kecermatan seseorang. Stimulasi dari daun mint dapat meningkakan kepercayaan diri seseorang.

9.    Kesehatan mulut dan gigi
Daun mint mengandung zat antibakteri dan antiinflamasi untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Karena itu sering daun mint pun digunakan dalam kandungan pasta gigi karena sudah diteliti manfaatnya dalam menjaga kesehatan gigi.

10.    Menurunkan demam
Daun mint dapat membantu menurunkan demam dengan menurunkan suhu tubuh pada manusia.

11.    Meningkatkan imunitas
Daun mint mengandung berbagai kandungan vitamin yang dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh seseorang. Salah satunya adalah vitamin C, vitamin A, vitamin D, vitamin E.

Siapa yang tertarik untuk memelihara dan membudidayakan daun mint?



Tidak usah bingung mencari daun mint, anda tinggal datang ke Jendela Alam. Sambil membawa anak atau keponakan anda bermain, anda sendiri dapat mengenal lebih dalam mengenai daun mint. Ditunggu kehadirannya ya..