Google Translate

Jam Operasional

Manfaat Kopi

Selain kenikmatan rasa dan aroma kopi,  kopi memiliki segudang manfaat yang dikandungnya.

Lebih dari separuh penduduk dunia suka minum kopi. Dan rupanya kopi menjadi favorit bukan tanpa alasan. Berikut fakta-fakta yang disarikan dari huffingtonpost.com, mengenai berbagai manfaat minum kopi.


1. Warga Amerika mendapat antioksidan lebih banyak dari kopi


Saat buah dan sayur-sayuran memiliki kandungan antioksidan yang melimpah, tubuh ternyata menyerap antioksidan lebih banyak dari kopi.

Fakta ini menurut kajian yang dilakukan pada  2005 (phys.org).

2. Hanya dengan menghirup aroma kopi bisa mengurangi stress

Para peneliti di Seoul National University, mempelajari otak tikus yang terkena stres dengan gangguan pola tidur, lantas mendapati bahwa tikus-tikus yang terpapar aroma kopi akan mengalami perubahan pada protein-protein otaknya berkaitan dengan stres tersebut.

Dengan catatan, aroma kopi tidak ada hubungan dengan stres secara luas, hanya sebatas stres yang ditimbulkan akibat pola kurang tidur.

3. Mengurangi dampak-dampak Parkinson

ScienceDaily pernah mengungkapkan di 2012 bahwa dengan minum kopi akan membantu orang-orang dengan penyakit Parkinson untuk mengendalikan gerak tubuhnya. Penulis kajian tersebut, Ronald Postuma, MD, mengatakan,

“Berbagai studi telah menunjukkan, bahwa orang-orang yang mengonsumsi kopi memiliki sedikit peluang terkena Parkinson, tetapi ini adalah salah satu dari kajian-kajian pertama pada manusia, yang menunjukkan bahwa kafein bisa membantu dalam hal gangguan motorik pada pengidap penyakit tersebut.”

4. Mengurangi peluang terserang kanker kulit (jika Anda seorang wanita)

Rumah sakit Brigham and Women, Boston, dan Harvard Medical School menelusuri 112.897 pria dan wanita berusia di atas 20 tahun, kemudian menemukan fakta bahwa wanita-wanita yang mengonsumsi tiga cangkir kopi atau lebih dalam sehari kecil kemungkinan akan terkena kanker kulit, bila dibandingkan dengan mereka yang tidak suka minum kopi.


5. Meningkatkan performa para atlet

The New York Times menyantumkan, “Para ilmuwan dan atlet telah memahami selama bertahun-tahun, bahwa secangkir kopi sebelum aktivitas akan memacu performa mereka di arena, terutama untuk olah raga ketahanan, seperti lari dan bersepeda.” Kafein meningkatkan asam lemak pada aliran darah, yang memungkinkan otot-otot para atlet untuk menyerap dan membakar lemak-lemak tersebut sebagai bahan bakar.

Untuk itu, simpan sedikit cadangan karbohidrat pada tubuh untuk latihan nanti.

6. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Kopi juga mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2, menurut studi The American Chemical Society. Studi tersebut mendapati bahwa mereka yang minum empat cangkir kopi atau lebih dalam sehari, dapat menurunkan peluang terjangkit diabetes tipe 2 hingga 50%. Kemudian, risiko akan berkurang sebanyak 7%, untuk setiap satu cangkir tambahan.


7. Membuat otak Anda sehat lebih lama

Para peneliti dari University of South Florida (USF) dan University of Miami mendapati bahwa orang-orang yang berusia di atas 65 tahun yang memiliki darah kafein lebih tinggi, terkena Alzheimer dua sampai empat tahun lebih lambat dibandingkan dengan mereka yang memiliki kandungan kafein lebih rendah. Dr. Chuanhai Cao, neuroscientist di USF, dan co-author dari studi tersebut menjelaskan, “Kami tidak mengatakan bahwa konsumsi kopi dalam takaran sedang akan benar-benar melindungi manusia dari Alzheimer. Bagaimana pun, kami secara bijak percaya bahwa hal itu lumayan menurunkan risiko, atau setidaknya menunda gejala-gejala Alzheimer.” *

Mangfaat terbaik dari Kopi adalah dari kopi hitam tanpa gula. Kalau  mau menggunakan gula, tambahkan secukupnya.

Penambahan Creamer nabati  sebaiknya dihindari karena umumnya creamer dibuat dari sintesa minyak nabati yang di hidrogennisasi sehingga mengandung banyak  lemak jenuh sehingga dapat meningkatkan khlolestrol jahat.


*Sumber dari Reader Digest dan berbagai sumber.