Google Translate

Jam Operasional

Manfaat Temulawak

Temulawak, yang dalam bahasa latin dikenal juga sebagai Curcuma zanthorrhiza, adalah tanaman asli dari Indonesia. Rupanya, temulawak ini menarik hati banyak orang,  sehingga temulawak sekarang dibudidayakan juga di negara-negara tetangga, bahkan sampai ke benua Amerika dan Eropa.

Temulawak ini merupakan tanaman obat, maka banyak pengobatan baik herbal maupun pengobatan barat yang menggunakan temulawak sebagai bahan dasar utamanya. Presiden Indonesia, Pak Jokowi setiap hari minum temulawak sehingga tetap sehat.

Mari kita intip kegunaan daripada temulawak.
Manfaat Temulawak :

1.    Melindungi hati
Fungsi utama dari temulawak ini adalah melindungi hati (hepar/liver).  Hati adalah organ yang cukup vital dalam tubuh kita. Temulawak melindungi fungsi hati dan juga bermanfaat sebagai obat bila sudah terkena penyakit pada hati. Kandungan utama  dari temulawak adalah kurkumin. Kurkumin ini berfungsi untuk meningkatkan detoksifikasi dan meningkatkan fungsi DNA pada hati. Kurkumin mencegah peroksidasi lemak di tubuh kita. Kurkumin merupakan antiinflamasi dan antihepatotoksik yang kuat. Sebagai obat hepatitis, kurkumin tidak memiliki efek samping. Sudah banyak jurnal yang terbit dan membuktikan secara signifikan bahwa kurkumin sangat baik dalam menjaga kesehatan hati.

2.    Menjaga daya tahan tubuh
Temulawak mengandung berbagai vitamin dan mineral yang menjaga daya tahan tubuh.

3.    Meningkatkan produksi ASI
Untuk ibu menyusui, juga dapat menggunakan temulawak untuk salah satu cara dalam meningkatkan produksi ASI.

4.    Meningkatkan nafsu makan
Minyak atsiri yang terkandung dalam kurkumin dapat memiliki efek karminativum sehingga membantu meningkatkan nafsu makan. Kurkumin pun terbukti aman untuk anak-anak.

5.    Menjaga fungsi pencernaan
Temulawak dapat membantu metabolisme tubuh dan mengurangi gejala perut kembung.

6.    Mencegah wasir
Dengan rajin meminum temulawak,  wasir dapat dicegah. Temulawak membantu metabolism kita serta melancarkan pencernaan sehingga pelebaran pembuluh darah vena dapat dicegah.

7.    Sebagai antikanker
Temulawak memiliki aktivitas kemopreventif dan kuratif dalam melawan kanker. Temulawak juga memiliki antioksidan yang tinggi sehingga dapat mencegah radikal bebas.

8.    Menjaga kesehatan kulit
Temulawak mengandung minyak atsiri yang dapat berfungsi sebagai anti-aging. Temulawak juga berfungsi sebagai anti jerawat dan untuk mencerahkan kulit.

9.    Menjaga kesehatan mata
Dalam sebuah studi didapatkan bahwa kurkumin yang terkandung di dalam temulawak dapat membantu mencegah progresivitas dari penyakit katarak.

10.    Membantu mengurangi nyeri
Kurkumin memiliki efek antiinflamasi / antiradang yang cukup tinggi, cara kerjanya adalah dengan menghambat mediator radang yang disebut prostaglandin.

11.    Menurunkan kolestrol
Kurkumin dapat menurunkan kolesterol total, LDL, Trigliserida, serta dapat meningkatkan HDL (Kolesterol baik).

Kita harus bangga, loh, kawan, karena  temulawak  adalah tanaman asli dari Indonesia.

Sebaiknya kita membudidayakan tanaman temulawak ini. Orang-orang luar saja membudidayakannya. Mari kita budidayakan temulawak.

Untuk yang mau membeli temulawak atau kawan-kawan ingin belajar lebih dalam  dapat ke Jendela Alam.