Google Translate

Jam Operasional

Manfaat Rosemary

Di artikel Jendela Alam sebelumnya, kita sudah melihat penjelasan mengenai rosemary. Selain cantik, tanaman rosemary memiliki puluhan manfaat. Mari kita kupas lebih dalam mengenai manfaat  rosemary.


Manfaat  rosemary:

1.Mengurangi stress

Aromaterapi dengan menggunakan rosemary sudah terbukti dapat mengurangi tingkat hormon stress. Sebuah penelitian meneliti sekumpulan orang yang menggunakan aromaterapi rosemary. Penelitian tersebut menggunakan alat EEG (electroencephalogram) untuk menelusuri lebih lanjut mengenai level dari stress hormone. Hasil yang didapatkan adalah, rosemary dapat menurunkan tingkat stress seseorang.

2.Meningkatkan memori

Rosemary diteliti dapat memberikan hasil yang positif untuk meningkatkan kecepatan memori. Rosemary meningkatkan perhatian dan fungsi kognitif. Rosemary pun dapat digunakan untuk  penderita dementia. Rosemary ini meningkatkan neurotransmitter di otak yang bernama acethylcholine.

3.Mengandung  zat besi

Pada 100 gram daun rosemary, terdapat 6,65 mg zat besi. Zat besi merupakan komponen hemoglobin, yaitu sel darah merah yang membawa oksigen. Jadi bila mengonsumsi rosemary, dapat mencegah anemia. Zat besi ini penting juga untuk ibu hamil.

4.Mencegah kanker

Rosemary mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan dapat mencegah radikal bebas, sehingga dapat mencegah sel-sel di tubuh kita bermutasi.

5.Mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh

Rosemary mengandung kalsium, kalium, copper, magnesium. Mineral tersebut sangat dibutuhkan di tubuh kita. Dengan mengonsumsi rosemary, kita dapat memenuhi kebutuhan mineral kita.

6.Mengandung vitamin A, vitamin B complex, vitamin C

Terdapat 2429 IU vitamin A, 1,09 mcg vitamin B complex, dan 22mg vitamin C di dalam 100 gram rosemary. Vitamin A membantu kesehatan mata, vitamin B membantu sintesis DNA, vitamin C untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Masih banyak lagi manfaat yang didapat dari vitamin- vitamin tersebut.

7.Mengandung serat yang tinggi

8.Rosemary mengandung serat yang cukup tinggi dan tidak mengandung kolestrol. Jadi baik untuk melancarkan pencernaan serta untuk diet.

Antiinflamasi, antialergi, antijamur, antiseptic
Rosemary mengandung cineol, camphene, borneol, bornyl acetate, α-pinene, dan masih banyak lagi essential oil yang memiliki berbagai manfaat antiinflamasi, antialergi, antijamur, dan antiseptic.

9. Membuka saluran pernafasan

Rosemary dapat membantu melebarkan saluran pernafasan yang menyempit. Sehingga seringkali digunakan untuk mengurangi gejala pada asma, flu, dan penyakit saluran pernafasan lainnya.

10 Aromaterapi dan parfume

Karena aromanya yang enak, rosemary digunakan untuk berbagai produk sabun, shampoo, perfume, dan aromaterapi. Sebagai shampoo, rosemary membantu mengurangi kebotakan.

11. Komponen makanan dan teh

Rosemary digunakan ibu-ibu untuk memasak. Masakan dengan rosemary ini memiliki kelebihan aroma serta rasa yang enak. Teh herbal pun memilih rosemary sebagai salah satu pilihan rasa karena berbagai keunggulannya.



Manfaat rosemary tersebut sudah kami singkat, bila kami jabarkan satu persatu, masih banyak lagi kegunaannya. Bila anda ingin membeli produk rosemary atau mengetahui lebih dalam mengenai rosemary, silahkan datang ke Jendela Alam. Rosemary adalah salah satu produk unggulan kami.