Google Translate

Jam Operasional


Mengapa Katak Berubah Warna ?

Katak dapat mengubah  warnanya sesuai  suasana emosinya  atau sesuai lingkungannya .
Pada dasarnya, katak memiliki tiga jenis pigmentasi.  Diantaranya adalah melanophore (pigmen coklat), iridophore (warna terang ), dan xanthophores (pigmen kuning).  Perubahan warna ini diatur oleh hormon dan syaraf.


Jika diperlukan, katak bisa memasukkan pigmen  ini untuk  mulai berubah . Mereka bisa menghasilkan berbagai macam warna dari coklat sampai abu-abu, dan  hijau. Di beberapa  spesies langka, Iridophore yang kuat bisa menghasilkan warna merah dan biru .

Katak hidup di rawa-rawa, hutan, dan tempat-tempat lainnya. Tempat-tempat ini dipenuhi dengan pemangsa katak. Ada beberapa katak  yang sangat beracun seperti “Blue Dart Frog “  atau Katak Panah Racun Biru , katak ini  tidak perlu berbaur dengan sekitarnya  karena kulitnya  sudah ditutupi dengan lendir beracun.  

Pemangsa  yang  menyentuh katak biru ini akan diracuni cukup cepat  sehingga cukup waktu  bagi katak ini untuk melarikan diri.

Tetapi tidak semua katak  memiliki kulit yang  beracun,  sehingga  mereka mengembangkan pendekatan yang berbeda untuk menghindar dari pemangsa . Beberapa katak  bisa berkamuflase atau mengubah warna sesuai  dengan lingkungannya.  Menjadi hampir  tak terlihat,  sehingga  mengecoh  pemangsa.

Beberapa katak  lain berevolusi  dengan mengembangkan  perubahan warna   ke tingkat  lebih tinggi   sebagai  pertahanan diri  lebih lanjut.

Warna tropis seperti merah,  orange  yang begitu terang  sehingga katak  bisa dilihat dari jauh , merupakan sinyal  kepada predator bahwa mereka tidak boleh dimakan karena beracun  . Dengan begitu, predator  tidak lagi memangsa mereka,  tetapi menghindarinya .

Bila udara panas,  katak  akan berwarna  menjadi terang (putih, kuning, hijau muda),untuk mengurangi penyerapan panas, bila hujan dingin atau  malam berubah menjadi lebih  gelap (coklat, abu)

Pada akhirnya perubahan  warna ini bukan hanya perubahan suasana emosi saja  atau karena hormon.

 Ini semua tentang satu hal, yaitu untuk survival atau  bertahan hidup supaya bisa bertahan hidup di alam.

Di Jendela Alam ada  Tree frog,  Katak Pohon  , biasa dipegang dan tidak beracun . Lucu ya kaya Kermit ….     :  )