Google Translate

Jam Operasional

Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah salah satu bagian tubuh kita yang sangat penting, yang berfungsi sebagai indera penglihatan. Dengan mata, kita dapat melihat keindahan dunia ini. Oleh karena itu, penting sekali untuk tetap menjaga kesehatan mata kita, agar tetap berfungsi dengan baik dan terhindar dari berbagai penyakit mata.
 


 

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah agar terhindar dari berbagai penyakit mata. Berikut ini adalah tips cara menjaga kesehatan mata.

Tips Menjaga Kesehatan Mata


1.    Perhatikan riwayat kesehatan mata keluarga


Riwayat kesehatan mata keluarga Anda dapat membantu menentukan, apakah Anda termasuk beresiko terkena penyakit atau kelainan mata yang sifatnya turunan atau tidak.


2.    Jangan membaca dalam cahaya redup

Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup / gelap yang bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat.

 

3.    Jaga jarak pandang


Jarak pandang yang ideal ketika membaca buku adalah sekitar 30 cm. Posisi tubuh saat membaca juga harus diperhatikan yaitu duduk tegak, hindari membaca dengan posisi tiduran. Jaga jarak pandang ketika sedang berada di depan layar komputer maupun saat melihat TV. Jarak pandang yang ideal yaitu sekitar 50 – 150 cm tergantung besar layar TV atau monitor komputer Anda.


4.    Hindari kebiasaan mengucek mata


Hindari mengucek mata ketika mata terasa gatal. Ketika tangan Anda kotor sehabis memegang suatu benda dapat menginfeksi organ mata yang dapat berakibat sangat buruk untuk kesehatan mata.


5.    Istirahatkan mata


Jangan paksakan mata untuk berlama-lama membaca buku, bermain game, atau berada di depan layar komputer. Jika terlalu lama, mata akan lelah. Istirahatkan dahulu mata anda untuk beberapa saat. Salah satu metode yang dapat dipakai adalah  Pola 20 20 20.
Pola 20 20 20 merupakan pola yang diperkenalkan oleh Mark Rosenfield, PhD, seorang Professor dari Amerika. Pengertian dari pola ini adalah bahwa :
-    Setiap 20 menit mata harus diistirahatkan selama 20 detik  dengan  melihat atau mengamati objek lain dalam jangkauan sejauh 20 meter.
-    Kedipkan mata  20 x berturut-turut untuk melembabkan mata.
-    Berjalan 20 langkah setelah setiap 20 menit duduk ,  berjalan akan membantu sirkulasi darah lebih lancar ke  seluruh tubuh.


6.    Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang

Jangan langsung melihat ke arah sumber cahaya yang terlalu terang . Jangan fokuskan mata Anda pada sinar matahari atau lampu senter LED , karena dapat merusak mata Anda.   


7.  Hindari memakai lensa kontak terlalu lama


Memakai lensa kontak terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan mata permanen serta ketidaknyamanan pada mata Anda.


8.    Makan makanan yang mengandung vitamin A


Makanlah makanan seperti wortel, tomat, pepaya, telur, dsb. yang sarat akan beta karoten dan vitamin A  yang sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata.


9.  Pakai pelindung mata


Pastikan untuk memakai pelindung mata dalam berbagai kegiatan seperti saat berkendara, olahraga, maupun ketika bekerja di sekitar bahan kimia atau partikel zat yang berbahaya. Banyak kacamata yang dirancang khusus untuk menghindari terjadinya cedera mata atau debu dan paparan sinar matahari. Untuk melindungi dari sinar matahari, gunakan kacamata pelindung UV  yang terpolarisasi dan  bukan hanya sekadar lensa yang gelap.


10.Periksa mata


Periksakan mata Anda secara rutin agar tetap berfungsi baik dan dapat mendeteksi penyakit atau kelainan mata sedini mungkin.


11.Berhenti merokok


Bagi perokok, usahakan agar menghentikan kebiasaan merokok mulai sekarang. Kebiasaan ini dapat meningkatkan resiko sejumlah penyakit mata seperti katarak dan kerusakan saraf optik pada mata.
 

 

Mereka mengatakan bahwa mata Anda adalah cermin jiwa Anda,

jadi rawatlah mereka yang tak ternilai harganya