Google Translate

Jam Operasional

Merpati Pos

Burung merpati (Columba domestica ) merupakan jenis burung yang memiliki kemampuan daya ingat yang cukup tinggi. Merpati pun memiliki kemampuan navigasi, serta naluri alamiah untuk kembali ke tempat asalnya. Merpati menggunakan fenomena fisika dalam melacak tujuannya. Fenomena tersebut adalah medan magnet bumi. Merpati pos pun memilki berbagai macam mineral besi di antara kedua matanya yang berfungsi untuk menentukan arah. Karena berbagai kemampuan tersebut, burung merpati dilatih menjadi burung pengantar surat, sehingga manusia menyebutnya dengan merpati pos. Merpati pos biasa dilatih khusus untuk mengantarkan surat atau pesan.


Walaupun zaman sekarang teknologi modern dunia sudah tidak membutuhkan pengantar surat seperti merpati pos, namun pencinta merpati pos di seluruh dunia tetap melestarikan kemampuan merpati pos tersebut.

Indonesia sendiri memiliki organisasi Perhimpunan Olah Raga Merpati Pos Seluruh Indonesia (POMSI) yang didirikan pada tahun 1968. Organisasi merpati pos tersebut mempertandingkan kecepatan terbang merpati dari jarak ratusan hingga ribuan kilometer.

Merpati pos memang ciptaan Tuhan yang dirancang untuk terbang jauh. Sayap merpati pos sangat kuat, namun elastis di bagian ujungnya. Bulu sayap merpati pos sangat ringan. Otot merpati pos sangat kuat untuk menggerakan sayap. Jika kita memperhatikan bentuk dada merpati, dada merpati sangat menonjol ke depan. Bahkan bila manusia memiliki bentuk dada seperti itu disebut “pigeon chest”. Pada manusia, pigeon chest merupakan suatu tanda dari penyakit, namun bagi merpati, bentuk dada yang menonjol ke depan adalah anugerah. Otot terbesar dari merpati merupakan otot dadanya, yang berfungsi untuk menggerakkan sayap. Struktur tulang merpati pun memiliki rongga sehingga tubuhnya menjadi sangat ringan. Merpati memilki kantong udara yang sangat banyak di dalam tubuhnya yang membantu kerja paru-paru dalam menyediakan oksigen di saat terbang.

Merpati pos  berasal dari timur tengah. Seringkali kita mengambil merpati sebagai simbol di dalam pernikahan. Mengapa? Merpati memiliki sifat setia kepada pasangannya. Tidak seperti burung lain, merpati biasa hanya memiliki 1 pasangan seumur hidupnya. Bila pasangannya meninggal dunia, merpati memilih hidup sendiri atau hanya berkumpul bersama teman-temannya. Salah satu alasan merpati pos dapat kembali ke tempat asal adalah sifatnya yang setia pada pasangan. Saat membangun sarang, merpati pun biasa bekerja sama untuk membangun sarang. Rata-rata merpati betina bertelur sebanyak 2 butir. Kemudian telur tersebut dierami secara bergantian oleh merpati jantan dan betina selama 19 hari. Di saat merpati betina mengerami telur, merpati jantan selalu menemani merpati betina dan berjaga di sekitar kandang. Bila merpati betina kelelahan, merpati jantan akan bergantian untuk mengerami telur. Setelah anak-anaknya menetas, merpati jantan pun setia memberi makanan pada anaknya. Fakta unik lain dari burung merpati, adalah burung merpati tidak memiliki empedu, sehingga difilosofikan bahwa merpati tidak pernah menyimpan kepahitan ataupun dendam di dalam hidupnya.


Bagaimana, apakah anda tertarik untuk memelihara burung merpati? Atau anda ingin melihat dan medalami lebih jauh tentang merpati pos? Datang ke Jendela Alam, dan semua pertanyaan anda mengenai merpati pos akan kami jawab lebih lanjut. Selamat menikmati. Semoga artikel ini bermanfaat.