Google Translate

Jam Operasional


Petunjuk perawatan kelinci

Fakta sederhana untuk Pemilik Kelinci Baru

Jika anda sedang mempertimbangkan untuk memelihara kelinci, maka anda harus membaca tips – tips sederhana berikut :

Tidak seperti pada kabar yang sering beredar, kelinci bukan merupakan hewan yang butuh sedikit perawatan. Anda akan membutuhkan waktu untuk pemeliharaan, pengawasan dan bahkan untuk sekedar bersosialisasi dengannya.

  • Ukuran      

Tergantung dari jenisnya, Kelinci mini biasanya memiliki berat 1,5 kg. Kelinci yang berukuran normal memiliki berat normal 4,5 kg hingga 6 kg. Sedangkan kelinci besar beratnya mencapai 11 kg atau bahkan lebih besar dari seekor anjing. Kelinci kecil akan membutuhkan tempat yang lebih kecil, namun dapat memiliki energi yang besar sehingga membutuhkan latihan yang besar pula.

  • Makanan

Menu makanan kelinci biasanya adalah pelet, rerumputan dan suguhan makanan segar seperti apel dan wortel. Makanan terakhir tidak disarankan untuk diberikan dalam jumlah yang besar karena tingginya kadar gula dan pasti dapat membuatnya sakit.

Pelet sebaiknya tidak berisi kacang, buah atau biji – bijian karena mereka bukan merupakan bagian menu makanan natural bagi kelinci yang dapat menyebabkan masalah kesehatan dan pembuangan. Kelinci tidak boleh diberi makan selada, brokoli, kol, kecambah atau sayuran – mayur lainnya yang dapat menyebabkan gas, karena kelinci tidak dapat mengeluarkan gas. Jika diberikan dapat menyebabkan kematian.

  • Perawatan

Kelinci membutuhkan perawatan bagi bulunya, terutama yang berbulu panjang. Selain itu pemotongan kuku juga penting dilakukan secara teratur. Kelinci sebaiknya disterilisasikan, karena selain dapat mengurangi pembuangan yang tidak diinginkan, hal ini juga dapat mengurangi kemungkinan terkena kanker. Lebih dari 80% kelinci yang tidak disterilkan tumbuh kanker dalam kurun waktu 4 tahun. Kelinci jantan yang disterilkan temperamennya akan meningkatkan dan perilaku – perilaku tertentu akan berkurang.

  • Latihan

Kelinci dapat dilatih untuk membuang kotoran di tempat tertentu. Mereka memiliki insting natural yang kuat untuk pergi ke satu tempat jika dilatih secara konsisten. Kelinci sangat suka mengunyah, jadi hindari benda – benda kecil dari kelinci anda, terutama tanaman dan kabel yang merupakan dua benda kesukaannya untuk dikunyah. Selain karena tidak aman, mengunyah sembarangan dapat menyebabkan kelinci sakit bahkan mati.

Sebagai gantinya berikan beberapa mainan agar kelinci anda dapat bermain. Mereka suka mengunyah, merobek dan memantulkan mainan tersebut ke sekeliling. Kelinci yang bosan adalah kelinci yang nakal dan akan mengikuti instingnyauntuk menuju ke perabotan dan peralatan anda. Selain itu kelinci harus dibiarkan lepas sesekali untuk berlarian bebas di halaman atau taman, namun jangan lupa mengawasinya agar tetap aman atau hilang. Kelinci dapat menggigit jika diajak main, terutama jika tidak biasa dilatih untuk bersosialisasi dengan manusia. 

 

Sumber diambil dari tabloid “ PETMANIA CITY, edisi September – Oktober 2011 “