Google Translate

Jam Operasional

Sugar Glider

Siapa yang ingin memelihara binatang yang kecil, imut-imut, dan tidak repot dalam mengurusnya? Apakah pernah mendengar sebutan binatang sugar glider? Sugar glider (Petaurus breviceps) merupakan hewan marsupial kecil yang kurang lebih dapat diletakkan di telapak tangan kita. Sugar glider memiliki bentuk seperti tupai terbang.

Makanannya termasuk cukup mudah karena sugar glider merupakan jenis omnivora. Mengapa disebut sugar glider?

Sugar->Meski termasuk hewan pemakan segala, sugar glider menyukai makanan yang manis. Makanannya di alam adalah nektar bunga yang manis.

Glider-> hewan ini dapat melayang seperti dari satu tempat ke tempat lain. Habitat asli dari sugar glider adalah Australia dan Indonesia (Tepatnya di Indonesia Timur, seperti Papua dan Maluku). Sugar glider merupakan hewan nokturnal, yang lebih aktif di malam hari daripada siang hari. Sugar glider juga termasuk hewan arboreal, yaitu hewan yang memiliki habitat di pepohonan.

Banyak yang menyangka sugar glider adalah golongan rodentia seperti tikus, tapi bukan, sugar glider merupakan golongan marsupial yaitu binatang berkantung seperti kangguru. Sehingga mereka cukup jinak. Sebaiknya sugar glider dipelihara semenjak berusia 1,5 bulan, agar bisa lebih jinak dan dekat pada manusia. Bila memelihara sugar glider saat dia sudah dewasa, tentu saja membutuhkan usaha lebih keras daripada memelihara sejak kecil. Usia sugar glider dapat mencapai 14 tahun. Sugar glider memiliki kemampuan intelektual seperti anjing, bila dilatih mereka dapat mengetahu nama mereka, dan dapat melakukan berbagai hal.

Bila sugar glider sudah sangat dekat dengan kita, mereka dapat disimpan di kantung dan mereka tidak akan keluar. Mereka tidak akan lari atau kabur, karena mereka merasa bahwa pemiliknya adalah keluarganya. Sering sugar glider disebut sebagai binatang kantung, karena dapat disimpan di kantung. Sugar glider tidak akan buang air besar atau kecil saat berada di dalam kantung. Mereka binatang yang cukup bersih.

Sugar glider menghabiskan beberapa minggu pertama di dalam kantung induknya. Di alam semesta, sugar glider hidup berkelompok, sehingga bila anda ingin memelihara sugar glider lebih dari satu di dalam kandang yang sama tidak akan menjadi masalah. Kandang yang mereka miliki harus cukup besar untuk menjaga mood mereka agar tetap senang. Mereka senang melompat ke sana kemari sambil bermain.

Bagaimana, apa anda tertarik untuk membeli dan memelihara sugar glider? Sugar glider dapat membantu anak anda belajar mengenai hewan dan memelihara hewan. Bila ingin mengetahui lebih lanjut dan belajar banyak, anda bisa membawa anak-anak ke jendela alam terlebih dahulu. =)