Google Translate

Jam Operasional

Tahun ini Indonesia memeringati Hari Kemerdekaan yang ke 72. Yuk rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia di Pesta Merah Putih Jendela Alam pada tanggal 17 dan 19 Agustus 2017.  Akan ada Parade Hewan ala Jendela Alam dan Aneka Lomba khas Jendela Alam. Spesial tanggal 19 Agustus 2017 Parade Hewan ala Jendela Alam, #SahabatAlam dapat berinteraksi langsung dengan hewan-hewan yang ada di Jendela Alam loh!  Seru bukan? Yuk meriahkan akhir pekan Hari Kemerdekaan kalian di @jendelaalambandung.

Telur Ayam Arab

Asal ayam arab

Banyak yang bertanya-tanya dari manakah asal telur ayam arab. Telur ayam arab berasal dari ayam arab. Ayam arab berasal dari persilangan ayam lokal dengan ayam brakel kriel-silver dari Belgia. Nah, mengapa disebut ayam arab? Hal ini dikarenakan ayam arab pertama kali didatangkan ke Indonesia pada tahun 2000 Masehi dari jemaat yang menunaikan ibadah haji dari Arab. Selain itu, penampilan dari Ayam Arab ini juga mirip dengan gadis berkerudung, hal itu dikarenakan Ayam Arab memiliki “kerudung” atau bulu yang berwarna putih atau kuning keemasan di bagian belakang lehernya.

Ciri khas ayam arab

Ayam arab betina memiliki produksi telur yang cukup tinggi yaitu sekitar 250-260 butir setiap tahunnya.

Namun sayangnya ayam arab lebih jarang mengerami telur dibanding ayam pada umumnya, sehingga untuk membudidayakan ayam arab secara optimal dibutuhkan alat penetas.

Sekilas, telur ayam arab memiliki ukuran yang tidak jauh berbeda dari telur ayam kampung lainnya. Beratnya sekitar 40-45 gram, warnanya putih kecoklatan, namun kuning telur dari telur ayam arab lebih besar daripada telur ayam kampung biasanya (sekitar 53.2% dari total berat telur, dibanding 33% pada telur ayam lainnya). Rasa dari telur ayam arab ini pun lebih enak dari telur ayam kampung biasanya karena tidak amis, dan memiliki rasa manis dan gurih. Dengan kuning telur yang lebih besar dan lebih jingga daripada telur biasanya, telur ayam arab memiliki keunggulan gizi yaitu kandungan omega 3 dan karoten yang lebih tinggi daripada telur ayam kampung lainnya.

Seringkali orang ketakutan dengan telur karena takut kolestrol. Namun perlu diketahui, kolestrol pada telur adalah kolestrol baik (HDL). Asalkan makan telur dengan batas takaran yang sesuai, tidak berlebihan, maka kadar kolesterol tubuh akan selalu stabil. Suatu penelitian di University of Connecticut menyatakan bahwa tidak ada peningkatan level kolestrol pada orang yang makan telur 3-4 butir/hari. Penelitian di Jepang juga menemukan bahwa dengan makan 3 butir telur/hari, dapat meningkatkan kecerdasan. Berikut ini akan kami uraikan mengenai manfaat telur ayam arab.

Manfaat telur ayam arab

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh. Bagian kuning telur mengandung karotenoid yang sangat tinggi. Karotenoid ini berfungsi sebagai antioksidan dalam menetralisir radikal bebas di tubuh.
  2. Meningkatkan kecerdasan anak. Telur ayam arab mengandung AA dan DHA yang membantu untuk meningkatkan fungsi otak.
  3. Merupakan sumber energi yang baik karena mengandung protein yang tinggi.
  4. Baik untuk kesehatan mata karena mengandung beta karoten yang merupakan komponen dari retina.
  5. Menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke. Omega 3 yang tinggi meningkatkan kolestrol baik (HDL) dalam tubuh. Omega 3 juga meningkatkan elastisitas pembuluh darah sehingga menurunkan resiko penyakit jantung, juga menurunkan resiko tekanan darah tinggi.
  6. Mengurangi nyeri. Telur mengandung kolin dan omega 3 yang dapat berperan sebagai anti inflamasi (anti radang) sehingga dapat membantu mengurangi rasa nyeri seperti nyeri haid, nyeri pada penyakit radang perut, nyeri pada penyakit sendi.
  7. Mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Telur ayam arab mengandung vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin K, asam folat, zat besi, potassium, selenium.
  8. Untuk orangtua yang mulai pikun, dan untuk penyakit Alzheimer, pada penelitian ditemukan bahwa telur membantu sistem neurologis dari otak karena membantu perkembangan membran sel otak.
  9. Mengurangi resiko anemia karena mengandung B12 serta zat besi. Jadi telur baik untuk ibu hamil dan penderita anemia.

  Untuk Sahabat Alam yang ingin mencoba khasiat dari telur Ayam Arab ini sendiri,

Sahabat Alam dapat menghubungi Marketing Produk kami di nomor Telp/WA 0859-7410-7033