Google Translate

Jam Operasional

Tips Selama Libur Lebaran

Bagi sebagian dari Anda,  libur Lebaran yang lebih lama mungkin terasa lebih menyenangkan. Anda bisa punya waktu lebih banyak untuk melepas rindu dengan keluarga maupun para sahabat di kampung halaman. Bagi Anda yang tidak mudik, tentu saja libur kali ini bisa dijadikan kesempatan untuk beristirahat.

Mudik atau tidak, biasanya libur Hari Raya juga dimanfaatkan untuk berekreasi di samping bersilaturahmi. Ya, hitung-hitung sebagai refreshing agar Anda bisa lebih segar dan melakukan kegiatan lebih baik saat kembali ke pekerjaan sehari-hari. Berikut Tips yang dapat anda siapkan Kalau anda bepergian Selama Libur Idul Fitri.

Sebelum Libur.

A,1. Kondisi  Rumah

1.      Pastikan fasilitas yang ada di rumah kita, baik saklar listrik, tombol kompor gas, pintu rumah, jendela, pintu pagar, dll. sudah dalam keadaan aman dan dalam posisi “off”.  Sebaiknya gunakan lampu otomatis yang bisa menyala dan padam sendiri guna meminimalisir peluang terjadinya tindak kejahatan dan tidak mudah terdeteksi kondisi rumah dalam keadaan kosong atau tidak?

2.      Bila berlangganan surat kabar, sebaiknya minta ke agen surat kabar tempat kita berlangganan untuk tidak mengantar terlebih dahulu ke rumah kita selama rumah kosong sebab ceceran surat kabar di halaman rumah dapat memancing tindak kejahatan dan mengindikasikan rumah kita dalam keadaan kosong (tidak berpenghuni).

3.      Titipkan rumah kepada tetangga/petugas keamanan /ketua RT/RW setempat yang tidak bepergian.

4.      Siapkan terlebih dahulu pakaian seragam kerja dan/atau seragam anak-anak kita yang akan dikenakan pada hari pertama masuk kerja dan/atau sekolah.

A.2. Kondisi  Tempat Kerja

1.      Pastikan  mesin, komputer, printer, meja kerja, dll alat penunjang kerja termasuk saluran listrik, saluran dan/atau kran air yang tidak diperlukan dalam posisi “off”.

2.      Pastikan di hari terakhir kerja, sampah tidak tersimpan di masing-masing ruang kerja agar tidak mengundang tikus datang ke ruang kerja kita.

3.      Pastikan jendela, pintu ruang kerja, dll dalam keadaan terkunci rapih.

4.      Pastikan tidak ada barang-barang pribadi yang tertinggal, seperti kunci rumah, kunci kendaraan, surat-surat penting, dll.

Saat Libur.

B.1. Berlalu-Lintas (Dalam Perjalanan)

1.      Jagalah kondisi badan agar dalam keadaan “fit” selama berkendara.  Untuk hal ini maka tidur harus cukup dan makan makanan bergizi serta tidak mengundang potensi penyakit, misalnya terlalu pedas atau asam.

2.      Siapkan obat-obatan sesuai keperluan pribadi dan kotak P3K di kendaraan.

3.      Periksalah kondisi ban (ban serep), mesin, dan kelayakan kendaraan sebelum menempuh perjalanan  panjang.  Dianjurkan service kendaraan sebelum menempuh perjalanan.

4.      Berhati-hati, tidak ngebut selama berkendara, apalagi saat ini banyak terjadi kerusakan jalan. Bila letih dan ngantuk beristirahatlah terlebih dahulu di tempat peristirahatan (rest area) khusus untuk di jalur Pantura, tempat istirahat disiapkan di setiap Polsek.

5.      Jangan memaksakan diri pulang dari perjalanan panjang (H-1 menjelang bekerja), agar kondisi badan kita tetap fit saat kembali bekerja & tidak terkendala oleh kemacetan lalu-litas saat puncak arus balik.

6.      Sewaktu melintasi perlintasan kereta api, khususnya yang tidak berpalang pintu, wajib tengok kiri-kanan sebelum meneruskan laju perjalanan.

7.      Janganlah menerima pemberian makanan/minuman dari orang yang tidak kita kenal. Telah banyak terjadi hal tersebut mengakibatkan kita mengantuk dan tak sadarkan diri. 

8.      Waspada terhadap penumpang di sekitar kita (jika menggunakan kendaraan umum). Kerap terjadi aksi pencopetan bermoduskan pura-pura sakit, muntah, dan/ atau menumpahkan sesuatu zat cair ke pakaian kita.

9.      Abaikan jika menerima sms yang berisikan informasi kita mendapatkan hadiah undian dll. dan harus menghubungi nomor telepon tertentu.

10.  Tidak menerima dan telepon saat tengah mengemudikan kendaraan karena akan membahayakan keselamatan diri dan keluarga atau para penumpang serta melanggar UU Lalu-Lintas.

11.  Bilamana dalam perjalanan mengambil uang di ATM dan menemui kesulitan (kartu tertelan dll) jangan menghubungi nomor telepon yang bukan nomor resmi dari bank.

12.  Bila ban kendaraan tiba-tiba kempis dan/atau bocor, waspadalah terhadap kondisi sekitar dan pastikan bilamana kita turun untuk mengganti ban, posisi pintu kendaraan dalam keadaan terkunci atau bilamana memungkinkan, gantilah ban di  tempat yang aman, misalnya di kantor kepolisian atau pos mudik.

13.  Bilamana anggota keluarga menerima telepon yang mengaku-ngaku dari kepolisian atau rumah sakit dan menyebutkan salah seorang anggota keluarga kita tengah berurusan dengan masalah hukum dan/atau mengalami kecelakaan lalu-lintas agar tidak mudah langsung percaya. Lakukan recek dan recek kebenaran informasi tersebut. Umumnya orang yang menelepon anggota keluarga kita meminta agar ditransfer dana dengan jumlah tertentu ke rekening bank.  

Selesai Libur.

1.      Istirahat dan makan yang cukup menjelang masuk kerja. Hindari makan yang terlalu pedas atau asam sehingga berpotensi mengakibatkan sakit perut dan membuat kita tidak dapat masuk bekerja di hari pertama masuk kerja.

2.      Tidak melakukan aktivitas yang menguras waktu dan energi menjelang masuk kerja.

3.      Menyiapkan diri sebaik mungkin dan penuh semangat guna memulai kembali aktivitas di tempat pekerjaan kita.