Google Translate

Jam Operasional

Tomat Cherry

Kalau anda pernah ke Jendela Alam , anda mungkin pernah melihat atau bahkan memetik  Tomat Cherry di Green House kami. Tapi tahukah anda kenapa disebut Tomat Cherry dan dari mana tomat itu berasal………?

Tomat Cherry adalah suatu jenis tomat yang memiliki ukuran lebih kecil dari jenis tomat biasa yang kita kenal pada umumnya. Tomat Cherry memiliki berbagai ukuran dari yang sebesar buah Cherry sampai dengan yang berukuran sebesar bola golf dengan bentuk  bulat atau  lonjong.

Kalau sudah matang tomat ini berwarna sangat merah ,bentuknya yang kecil dan seperti buah Cherry merah karena inilah orang sering menyebutnya “Red Tomat Cherry” dan untuk warna kuning sering disebut  “Golden Tomat Cherry “.


Tomat Cherry dianggap sebagai varietas botani dari jenis tomat yang dibudidayakan, yaitu dari jenis Solanum Lycopersicum. Cerasiforme yang pada saat itu banyak dibudidayakan di daerah Amerika Tengah dan dianggap sebagai leluhur dari semua jenis tomat yang dibudidayakan.

Ada beberapa jenis dari tomat cherry. Mungkin yang paling populer di US dan Inggris adalah “Sweet 100” dan “ Gardener’s Delight”. Terdapat juga tomat cherry berjenis Santorini, yang berasal dari Santorini (Yunani), dan dikenal karena rasa dan bentuknya. Konferensi internasional yang didedikasikan untuk pembudidayaan (penanaman), hortikultura (ilmu/seni berkebun), dan pertanian dari tomat cherry juga diadakan di Santorini.

Tomat cherry cocok di tanam pada daerah ketinggian 600-1500 m dan bersuhu 17 -28 derajat Celcius biasanya ditanam pada green house dengan sistem Hidroponik.

Tomat cherry yang berkualitas baik memiliki ciri – ciri antara lain : memiliki warna yang tetap (tidak belang – belang), memiliki kulit buah yang halus, dan paling tidak berwarna kemerahan. Tomat yang sebagian berwarna hijau akan menjadi matang apabila dibiarkan berada pada suhu kamar pada umumnya.

Adapun ciri – ciri tomat cherry yang kurang baik antara lain : terasa terlalu lunak, memiliki kulit buah yang berkerut (keriput) atau rusak. Tomat cherry yang berwarna hijau akan menjadi matang memerah, tapi hindari tomat yang memiliki kulit dengan warna bernoda kotor hijau atau coklat di sekitar warna tetapnya.

Tomat Cherry selain ukuranya yang mini memiliki semua kandungan tomat seperti rendah sodium , sangat rendah lemak jenuh dan kolesterol. Tomat merupakan sumber yang baik dari Vitamin A, Vitamin B6, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, Thiamin, Niacin, Folat, Magnesium, Kalium, Mangan, Fosfor dan Tembaga, dan juga sumber besar dari serat.

Tomat Cherry  rasanya manis  dan bisa  dimakan langsung tentunya setelah dicuci dahulu  , cocok untuk salad , makanan pembuka.Sebagian orang mempunyai resep khusus untuk membuat Tomat Cherry ini menjadi hidangan yang sangat lezat seperti link dibawah ini

http://recipes.wikia.com/wiki/Category:Cherry_tomato_Recipes

http://www.cooks.com/rec/search/0,1-0,cherry_tomatoes,FF.html

dst.